Cara Install Windows 10 Lengkap Dengan Gambarnya

cara install windows 10 lengkap

Windows 10 adalah teknologi sistem operasi komputer dari Microsoft yang katanya merupakan versi terakhir dari Windows, namum Microsoft akan terus memberikan update fitur-fitur terbaru kepada Windows 10. Sistem Operasi ini juga paling banyak digunakan oleh komputer saat ini. Ingin tahu cara install windows 10 di laptop atau komputer? Simak sampai tuntas.

Sebagian orang mungkin masih belum bisa melakukan instalasi Windows 10 baik itu menggunakan  DVD atau media Flashdisk. Padahal, semua itu akan terasa mudah sekali apabila kita mengikuti langkah-langkahnya dengan teliti.

A. Persiapan Install Windows 10

Sebelum Anda melakukan intalasi Windows 10 pada perangkat komputer atau laptop Anda. Anda harus memastikan dahulu beberapa hal berikut, pastikan semuanya terpenuhi

1. Spesifikasi Hardware

Berikut ini adalah spesifikasi minimum perangkat (laptop & komputer) yang harus dipenuhi :

  • Processor 1 Ghz
  • 1 GB RAM untuk 32-bit dan 2GB RAM untuk 64-bit
  • 16 GB Ruang HDD Kosong
  • Grapichs Card : DirectX 9
2. Baterai Yang Cukup

Khusus untuk laptop, pastikan baterainya dalam keadaan penuh. Karena proses install Windows 10 memakan waktu yang lumayan, tetapi tergantung juga pada pada spesifikasi laptop tersebut. Semakin tinggi spesifikasi hardware pada laptop, maka akan semakin cepat pula proses instalasi sistem operasi windows 10.

Jika kondisi baterai laptop anda dalam keadaan kurang sehat anda bisa melakukan proses instalasi sambil di mencolokkan charger.

3. CD Windows 10 atau Bootable Flashdisk Windows 10

Instalasi Windows 10 bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu menggunakan media CD/DVD dan Bootable Flashdisk. Maka media ini jangan sampai Anda lewatkan, karena hukumnya wajib :D.

Jika Anda melakukan instalasi melaui media CD/DVD tentunya Anda harus memastikan bahwa laptop atau komputer Anda memilki DVD ROM. Karena sangat mustahil apabila memulai instalasi sistem operasi windows 10 menggunakan media tersebut, tetapi tidak ada DVD ROM hehe…

B. Proses Instalasi

Setelah Anda siapkan beberapa hal di atas, kita akan memasuki proses cara install windows 10 pada perangkat Anda. Masukkan DVD Windows 10 pada DVD ROM atau Flashdisk Bootable pada port USB.

1. Setting BIOS

Nyalakan komputer dan masuk ke BIOS untuk mengatur boot priority, untuk masuk ke BIOS Anda bisa menekan tombol DEL atau F1, F2 dan lain-lain sesuai perangkat masing-masing. Karena setiap computer/laptop itu berbeda-beda.

Setelah masuk ke menu BIOS silahkan masuk ke tab Boot, caranya dengan menekan tombol arah kanan pada keyboard, kemudian atur CD/DVD-ROM Driver agar terletak pada urutan paling atas, cara mengaturnya dengan menekan tombol ( – )atau (+) di keyboard. Jika Anda melakukan instalasi windows 10 dengan Flashdisk maka yang menjadi priority adalah Volume Flashdisk Anda.

Simpan Pengaturan dan Restart, caranya Anda tinggal menekan tombol F10 kemudian Enter.

Setelah boot priority selesai di setting silahkan masukkan DVD Intaller Windows 10 Anda pada DVD ROM atau Flashdisk Bootable Windows 10 pada perangkat Anda .

Kemudian nyalakan PC atau laptop Anda. jika muncul seperti di bawah silahkan anda tekan tombol terserah pada keyboard Anda. Tunggu hingga loading selesai.

2. Pengaturan Awal

Setelah masuk ke tampilan instal windows 10, silahkan Anda atur Bahasa untuk instal, format waktu kemudian Next.

Silahkan Anda pilih Install Now

Pilih I accept the license term dan pilih Next

Kemudian akan muncul dua pilihan yakni Upgrade dan Custom, Silhkan Anda pilih Custom saja.

Kalau HDD Anda baru usahakan partisi nya di bagi dua atau tiga, dengan cara klik New – Apply dan sisanya tinggal di ulang.

Kemudian setelah selesai membagi partisi, langkah selanjutnya memilih drive yang akan di install. Klik Drive 0 Partition 2 kemudian Next.

Namun kalau Anda ingin install ulang, jangan mengikuti langkah diatas. Anda cukup format Drive C: nya saja kemudian New – Apply – Next

3. Proses Instalasi Windows 10

Selanjutnya akan muncul tampilan installing windows. Tunggu saja hingga prosesnya selesai, ini cukup memakan waktu.

Komputer/laptop Anda akan melakukan beberapa kali restart secara otomatis, Anda harus tetap tenang. Tunggu hingga proses selesai dan cabut Flashdisk Anda jika Anda melakukan instalasi dengan Flashdisk.

4. Finishing

Setelah proses di atas selesai akan muncul form berikut. Silahkan Anda pilih sesui dengan lokasi yakni Indonesia.

Pada tampilan keyboard layout gunakan saja yang umum yakni US. Dan ketika muncul second layout silahkan anda abaikan saja dengan memilih Skip.

Setelah itu akan muncul beberapa settingan akun microsoft secara online, untuk mempermudah silahkan skip saja langkah tersebut sampai muncul pilihan membuat Username dan Password. Silahkan Anda atur sesuai dengan keinginan Anda.

Jika sudah muncul tampilan desktop Windows 10 maka proses install Windows 10 telah selesai.

C. Beberapa Hal Penting Setelah Proses Instal Windows 10

Setelah Windows 10 berhasil terinstall di PC atau Laptop, ada beberapa hal lagi yang harus dilakukan, yaitu :

1. Mengembalikan Boot Priority

Kembalikan boot priority pada BIOS dan menjadikan HDD tempat Windows 10 menjadi yang utama. Untuk caranya kurang lebih sama dengan yang dijelaskan di atas.

2. Aktivasi Windows 10

Ini penting dilakukan karena windows 10 hanya aktif semua fiturnya beberapa hari saja. Untuk menikmati semua fiturnya Anda harus melakukan aktivasi, bagaimana cara aktifasi Windows 10? Next

3. Install Driver Komputer dan Beberapa Software Yang Biasa Digunakan

Yang ketiga, Anda harus melakukan instalasi software yang penting untuk mendukung produktifitas pekerjaan seperti software office, driver, dan lainnya.

Itulah Proses Cara Install Windows 10 lengkap beserta gambarnya. Semoga bermanfaat untuk Anda. Terima kasih 🙂

You May Also Like

About the Author: Arief

Seorang perusak komputer dan pemain futsal amatir. Bermain WP hanyalah sampingan semata, janganlah terlalu serius mengamati Saya :D

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *