Cara Memilih Komputer Sesuai Dengan Kebutuhan

cara memilih komputer yang benar

Di zaman yang semakin canggih ini, teknologi komputer mulai berkembang di semua aspeknya. Dari komputer desktop hingga komputer portable (mobile). Akan tetapi, banyak yang belum mengetahui kebutuhan masing-masing dari pengguna komputer. Berikut adalah beberapa cara memilih komputer yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sebelumnya pengguna harus mengetahui terlebih dahulu berbagai macam tipe komputer, agar nantinya tidak akan salah pilih atau membeli. Adapun penjelasan mengenai tipe komputer adalah sebagai berikut.

Laptop / Notebook – Komputer portable yang mempunyai berbagai fungsi untuk memenuhi kebutuhan anda.

Netbook – Laptop / notebook yang ukuran layar adalah 10”, tanpa DVD dan spesifikasi basic. Walau belakangan kalah populer dari tablet, netbook termasuk komputer dengan keyboard yang paling ringan dan murah.

Ultrabook – Laptop yang lebih tipis dan ringan dibanding laptop pada umumnya. Lebih mahal jika dibanding dengan laptop dengan spesifikasi sama, namun bentuk dan design ultrabook lebih terlihat premium dan eksklusif.

Tablet – Komputer yang kecil dan ringan dengan layar sentuh. Program pada tablet biasa disebut apps. Dapat digunakan dengan keyboard, walau nilai utama tablet adalah touch screen.

Tower desktop – Komputer dengan monitor dan desktop terpisah. Mudah untuk di upgrade secara terpisah. Biasanya tipe komputer ini paling banyak digunakan oleh karyawan kantor atau rumah.

All in one desktop – Desktop dan monitor menjadi satu. Bentuk dan design lebih menarik dibanding tower desktop. Dibanding Tower Desktop, lebih sulit untuk di upgrade

Cara memilih komputer berdasarkan tipe pengguna

Jika anda menggunakan komputer hanya di rumah atau kantor, maka komputer desktop merupakan pilihan yang paling tepat dan ekonomis. Dengan kata lain, Anda bisa mendapat komputer dengan kualitas yang sama dengan komputer portable.

Namun jika Anda memerlukan perangkat komputer yang mudah dibawa kemana-mana contohnya kantor, meeting atau sekolah maka pilih komputer portable. Tablet dan netbook pun tentunya mudah dibawa namun lebih cocok untuk pekerjaan dan program ringan.

Setelah menentukan tipe, selanjutnya adalah memilih spesifikasi dari komputer tersebut. Mengapa demikian? karena kebutuhan setiap pengguna komputer itu berbeda contohnya seorang gamer.

Komputer gaming tentu membutuhkan spesifikasi komputer yang sangat tinggi dibandingkan dengan komputer biasa. Maka hal yang harus dipertimbangkan, yaitu :

1. Kapasitas Hard Drive:

Hard disk adalah bagian komputer yang menyimpan data anda. Semakin besar kapasitas hard drive, semakin besar data dan file/lagu/film yang bisa disimpan. Pada umumnya hard drive sekarang diukur berdasar Gigabyte (GB) atau Terabyte (TB).

Kapasitas HDD 500GB itus sudah lebih dari cukup bagi pengguna komputer biasa. Anda bisa juga menggunakan eksternal storage seperti Flashdisk atau Eksternal Hard Drive untuk menambah kapasitas penyimpanan.

2. Random Acccess Memory (RAM)

RAM adalah memory yang membantu komputer anda menjalankan berbagai program secara bersamaan. Semakin besar RAM, semakin banyak program/aktivitas yang bisa dijalankan tanpa memperlambat komputer.

Pada laptop atau desktop, perlu dipertimbangkan juga bahwa program seperti video editor atau game memerlukan lebih banyak RAM dibanding dengan memutar video, membuka email atau browsing internet.

Secara umum, 2 GB RAM sudah bisa menjalankan berbagai program ringan. Namun banyak program terbaru menyarankan komputer mempunyai 4 GB RAM. Untuk gamer disarankan memiliki 8 GB RAM.

3. Kekuatan dan Kecepatan Prosesor

Semakin banyak core (otak) pada prosesor artinya semakin banyak pekerjaan yang bisa di proses pada waktu bersamaan. Dengan kata lain, semakin cepat sebuah prosesor maka semakin baik.

Penggunaan ringan seperti browsing, email, chatting, word, excel maka prosesor dual (2) core sudah cukup. Jika komputer digunakan untuk video editing, 3D, gaming maka disarankan minimum quad (4) prosesor.

4. VGA (Video Graphic Accelerator)

Selantujnya mempertimbangkan kebutuhan kualitas gambar dengan memilih kartu VGA yang baik. Hal ini mengacu pada beberapa penjelasan diatas sesuai dengan penggunaanya.

Komputer gaming memerlukan VGA minimal 2 GB sedangkan komputer biasa VGA 1 GB sudah sangat baik.

5. Lain-lain

Ports – berfungsi untuk koneksi antar komputer dan aksesoris nya. Beberapa tipe ports pada umumnya: USB, HDMI, Thunderbolt, VGA, SD Card. Pastikan produk yang dipilih/beli mempunyai ports yang anda perlukan.

Koneksi nirkabel – berfungsi untuk transfer data antar perangkat. Contoh: Wifi, 3G/4G selular, NFC. Walau banyak aksesoris yang bisa anda beli terpisah, akan jauh lebih praktis jika fitur-fitur tersebut sudah built in pada komputer anda.

Teknologi display – secara umum, semakin baik display komputer anda maka pengalaman pemakaian anda pun akan semakin baik. Resolusi display sangat penting jika anda ingin gambar yang tajam dan jernih. Untuk layar sentuh, sensitivitas dan ketahanan layar juga penting untuk dipertimbangkan.

Demikianlah sedikit tips cara memilih komputer sesuai kebutuhan, semoga bisa bermanfaat bagi Anda.

Terima kasih 🙂

You May Also Like

About the Author: Arief

Seorang perusak komputer dan pemain futsal amatir. Bermain WP hanyalah sampingan semata, janganlah terlalu serius mengamati Saya :D

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *