Perangkat Lunak : Pengertian, Fungsi dan Jenisnya

definisi perangkat lunak

Perangkat lunak atau bahasa inggrisnya software adalah suatu kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh hardware komputer dalam menjalankan pekerjaannya. Perangkat lunak ini merupakan catatan hardware komputer untuk menyimpan perintah, serta dokumen maupun arsip yang lainnya.

Perkembangan teknologi software komputer yang demikian pesat ini mendorong manusia untuk dapat berkreativitas dan memanfaatkan kemajuan teknologi software ini untuk berbagai keperluan. Dalam dunia bisnis, teknologi software komputer digunakan untuk pengolahan data (data processing) yang meliputi pengolahan kata (word processing),

penyimpanan data (filling) serta pengolahan data-data numeric yang berkaitan dengan tugas tugas perkantoran. Selain sebagai pengolah kata dan angka, teknologi software komputer telah menyisip hampir ke semua peralatan. Mulai dari mainan anak‚Äďanak, kamera digital, telepon seluler, sarana hiburan, peralatan rumah tangga dan lain-lainnya.

A. Pengertian Software

Software disebut juga dengan perangkat lunak adalah kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. perangkat lunak ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya.

Merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya.

Untuk mencapai keinginannya tersebut dirancanglah suatu susunan logika, logika yang disusun ini diolah melalui perangkat lunak, yang disebut juga dengan program beserta data-data yang diolahnya. Pengeloahan pada software ini melibatkan beberapa hal, diantaranya adalah sistem operasi, program, dan data. Software ini mengatur sedemikian rupa sehingga logika yang ada dapat dimengerti oleh mesin komputer.

B. Fungsi Software

Dalam peran yang penting dalam berjalannya sistem komputer, tentu memiliki fungsi-fungsi khusus yang dimiliki software. Fungsi-fungsi software tersebut antara lain sebagai berikut:

  • Software menyediakan fungsi dasar untuk kebutuhan komputer yang dapat dibagi menjadi sistem operasi atau sistem pendukung.
  • Software berfungsi dalam mengatur berbagai hardware untuk bekerja secara bersama-sama.
  • Sebagai penghubung antara software-software yang lain dengan hardware.
  • Sebagai penerjemah terhadap software-software lain dalam setiap instruksi-instruksi ke dalam bahasa mesin sehingga dapat di terima oleh herdware.
  • Mengidentifikasi program.

C. Jenis-jenis Software

Setelah kita mempunyai hardware komputer, maka selanjutnya kita harus memasang (menginstal) software ke komputer. Sebuah komputer tanpa adanya software tidak akan bisa berfungsi dengan baik. Software secara garis besar dapat dibagi menjadi 3 bagian. Berikut pembahasan jenis-jenis software adalah :

1. OS (Operating System)

OS adalah software yang pertama kali harus di instal ke komputer. Sedangkan fungsi dari OS, yaitu mengelola hardware dan sofware yang ada pada komputer. OS ini juga akan berfungsi sebagai perantara antara aplikasi dengan hardware. Jadi ketika kita memberikan perintah dari sebuah aplikasi kepada hardware, perintah tersebut akan disampaikan ke OS terlebih dahulu, baru kemudian oleh OS disampaikan ke hardware.

Misalnya, kita memberikan perintah print dari aplikasi Microsoft Word. Perintah tersebut akan disampaikan ke OS dahulu, baru kemudian oleh OS disampaikan ke Printer. Contoh OS antara lain; DOS, Windows, Macintosh, Linux dll. Setiap masing-masing OS mempunyai kelebihan dan kekurangan, namun saat ini OS Windows masih paling banyak digunakan oleh masyarakat karena kemudahan dalam mengoperasikan dan perawatan.

2. Aplikasi atau Program

Software ini dibuat untuk tujuan tertentu. Maksud lain penciptaan software ini adalah untuk mempermudah pekerjaan manusia. Sekarang ini sudah banyak sekali aplikasi yang membantu pekerjaan manusia. Aplikasi dapat dibagi menjadi beberapa macam berdasarkan fungsinya :

Pengolah kata

Aplikasi ini digunakan untuk membuat dokumen seperti surat, amplop, label, makalah dan sebagainya. Contoh aplikasi ini antara lain; Microsoft Word, Open Office Org. Writer dsb.

Pengolah angka

Aplikasi ini digunakan untuk mengolah angka dalam bentuk tabel dan grafik. Contoh aplikasi ini antara lain; Microsoft Excel, Open Office Org. Calc, Lotus dsb.

Pengolah presentasi

Aplikasi ini digunakan untuk membuat presentasi. Contoh aplikasi ini antara lain; Microsoft Power Point, Open Office Org. Impress, Macromedia Flash MX dsb.

Pengolah gambar

Aplikasi ini digunakan untuk mengolah gambar dan foto. Contoh aplikasi ini antara lain; Corel Draw, Adobe Potoshop dsb.

Dan lain-lain

Dalam aplikasi ada istilah Paket Program. Istilah ini digunakan untuk menyebutkan sebuah aplikasi yang terdiri dari beberapa aplikasi. Contohnya; Microsoft Office yang terdiri dari Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Power Point, Microsoft Access dsb.

Perlu diketahui juga bahwa sebuah aplikasi biasanya hanya ditujukan untuk OS tertentu atau hanya mendukung OS tertentu. Contohnya; Microsoft Office yang hanya bisa di-instal di OS Windows. Tetapi ada juga aplikasi yang bisa di-instal di beberapa OS seperti aplikasi Mozilla Firefox yang bisa di-instal di Windows maupun Linux.

3. Bahasa Pemograman

Software ini digunakan untuk membuat aplikasi. Pengguna aplikasi ini biasa disebut dengan Programer. Jenis-jenis bahasa pemograman antara lain; Bahasa Assembly, Bahasa Fortran dan Bahasa Generasi Keempat.

Assembler (perakit) :

Merupakan program yang digunakan untuk menterjemahkan program aplikasi yang ditulis dengan bahasa rakitan(assembly language) atau bahasa pemprogaman simbolik menjadi bahasa mesin. Dengan bahasa simbolik,masing2 kode operasi mesin tidak ditulis dengan bentuk bilangan biner, tetapi dengan suatu kode simbolik tertentu yang disebut dengan mnemonic.

Program yang ditulis dengan bahasa simbolik disebut dengan program sumber(source program) dan hasil terjemahannya dalam bentuk bahasa mesin disebut dengan program objek(object program=OBJ). Proses pembuatan program obyek dari program sumber juga akan menampilkan daftar kesalahan-kesalahan sintaks(jika ada) yang dibuat oleh pemprogram. Kesalahan ini harus dibetulkan terlebih dahulu sebelum di proses lebih lanjut.

Walau penulisan program dengan bahasa simbolik lebih mudah dibanding dengan bahasa mesin,tetapi harus dirasakan kesulitan karena penulis program harus:

  • Mengetahui susunan serta fungsi dari masing2 register di dalam cpu.
  • Mengetahui dengan persis cara alokasi memori komputer yang digunakan.
  • Mengetahui fungsi-fungsi yang di sediakan oleh OS.

Untuk mengatasi hal ini telah dikembangkan suatu bahasa yang lebih dekat dengan pemakai komputer yang di sebut bahasa tingkat tinggi(high level language),misalnya basic,fortran,pascal c,dsb.

Program yang di tulis dengan bahasa tingkat tinggi ini harus di terjemahkan ke dalam bahasa mesin agar dapat di mengerti oleh komputer.penerjemah ini dapat berupa kompilator atau interpreter.kompilator menterjemahkan setiap instruksi didalam suatu program sekaligus sama dengan assembler dan menghasilkan dengan program objek yang selanjutnya di link sehingga menghasilkan file exe.

Contoh perangkat lunak bahasa seperti ini adalah pascal,c,dan masih banyak lagi.sedangkan interpreter menterjemahkan instruksi satu persatu dan langsung di proses sebelum komputer membaca instruksi selanjutnya,sehingga tidak dihasilkan program obyek maupun file exe.contoh untuk ini adalah:basic versi baku,dbase,dan sebagainya.

Compiler :

Menterjemahkan setiap instruksi didalam suatu program sekaligus sama dengan assembler dan menghasilkan dengan program objek yang selanjutnya di link sehingga menghasilkan file exe.contoh perangkat lunak bahasa seperti ini adalah pascal,c,dan masih banyak lagi.

Interpreter :

Menterjemahkan instruksi satu persatu dan langsung di proses sebelum komputer membaca instruksi selanjutnya,sehingga tidak dihasilkan program obyek maupun file exe. Contoh untuk ini adalah: basic versi baku, dbase, dan sebagainya.

Demikianlah pembahasan mengenai Software Adalah – Pengertian, Fungsi dan Jenisnya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Source : dosenpendidikan

You May Also Like

About the Author: Arief

Seorang perusak komputer dan pemain futsal amatir. Bermain WP hanyalah sampingan semata, janganlah terlalu serius mengamati Saya :D

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *