Beberapa Faktor Penyebab Kerusakan Harddisk Komputer

faktor penyebab kerusakan harddisk komputer

Harddisk merupakan perangkat keras vital dari komputer atau laptop. Bagian ini mempunyai fungsi utama untuk menyimpan data-data komputer. Melihat fungsi dari harddisk tersebut, maka kita harus merawatnya dengan baik agar lebih awet dan tahan lama sehingga harddisk tidak mudah rusak. Ketahuilah beberapa faktor penyebab kerusakan harddisk di bawah ini :

1. Faktor Usia Pada Harddisk

Usia harddisk yang telah lama merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan kerusakan pada harddisk. Namun, dengan perawatan yang tepat hardisk Anda akan lebih awet dan tahan lama.

2. Over Heat

Banyak yang mengira bahwa masalah utama yang terjadi karena terlalu banyaknya memori yang disimpan didalam harddisk. Namun jarang sekali yang memperhatikan tentang suhu ideal dalam sebuah harddisk.

Idealnya suhu sebuah harddisk yaitu berkisar antara 30-40 derajat celcius. Jika diatas angka tersebut, kemungkinan laptop atau PC Anda mengalami overheating. Semakin sering cakram pada harddisk bekerja maka akan semakin mempercepat harddisk Anda mengalami overheating.

Panas yang berlebihan dapat memicu kerusakan pada hardisk. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa hampir semua peralatan listrik mengalami efek samping terjadinya panas sebagai akibat dari perubahan energi listrik. Untuk mencegahnya kita dapat menggunakan pendingin tambahan pada hardisk.

3. Aktivitas Yang Berlebihan Pada Hardisk

Seperti yang telah dijelaskan pada poin nomor dua bahwa terlalu sering bermain game, memutar musik dan video berlama-lama atau cakram terlalu sering bekerja dapat mengganggu kesehatan harddisk. Setidaknya Anda harus bijak dalam menggunakan komputer atau laptop.

4. Listrik Tidak Stabil/Mati Lampu

Seringnya listrik padam atau tidak stabil bisa mengakibatkan komputer mati mendadak. Kejadian tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada harddisk. Jadi jika di daerah Anda listrik tidak normal silakan gunakan penngaman tegangan seperti UPS dan stavolt.

5. Defrag Harddisk Tidak Teratur

Tujuan defrag adalah untuk melakukan perawatan harddisk, namun jika berlebihan melakukannya dapat menyebabkan bad sector pada harddisk. Untuk proses Defrag disarankan untuk melakukannya 2-3 bulan sekali.

6. Sering Install/Uninstall Program

Terlalu sering melakukan penginstalan program maupun uninstal program pada komputer dapat menyebabkan harddisk mudah mengalamai bad sector. Begitu juga terlalu over melakukan instal ulang.

Mungkin itulah sedikit artikel mengenai Beberapa Faktor Penyebab Kerusakan Harddisk Komputer, semoga dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih

You May Also Like

About the Author: Arief

Seorang perusak komputer dan pemain futsal amatir. Bermain WP hanyalah sampingan semata, janganlah terlalu serius mengamati Saya :D

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *