Teknologi Informasi (TI) : Pengertian, Fungsi Serta Tujuannya

pengertian, fungsi dan tujuan teknologi informasi

Pengertian Teknologi Informasi

Yang dimaksud dengan Teknologi Informasi atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT) adalah teknologi apa saja yang dapat membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan atau menyebarkan informasi.

Secara sederhana, pengertian TI adalah beberapa fasilitas yang terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak dalam mendukung serta meningkatkan kualitas informasi secara cepat dan berkualitas.

TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contohnya bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan ponsel modern.

Pengertian TI Menurut Para Ahli

1. Haag dan Keen (1996) : Pengertian teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.

2. Martin (1999) : Martin berpendapat TI merupakan teknologi yang tidak hanya pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang akan digunakan untuk memroses dan menyimpan informasi, melainkan mencakup teknologi komunikasi untuk mengirim atau menyebarluaskan informasi.

3. Williams dan Sawyer (2003) : Menurut Williams dan Sawyer, bahwa pengertian TI adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi kecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video.

4. Oxford English Dictonary (OED) : TI adalah hardware dan software dan bisa termasuk di dalamnya jaringan dan telekomunikasi yang biasanya dalam konteks bisnis atau usaha.

Fungsi Teknologi Informasi

1. Capture (Menangkap) dapat diartikan sebagai menginput. Misalnya, menerima inputan dari mic, keyboard, scanner, dan lain-lain.

2. Processing (Mengolah) Mengolah atau memroses data masukkan yang diterima untuk menjadi informasi. Pengolahan dan pemrosesan data dapat berupa mengkonversi, menganalisis, dan menghitung (kalkulasi).

3. Generating (Menghasilkan) Menghasilkan atau mengorganisasikan informasi ke dalam bentuk yang berguna atau laporan yang dapat dimengerti oleh orang lain. Misalnya seperti, laporan, tabel, grafik, dan gambar.

4. Storage (Menyimpan) Merekam atau menyimpan data dan informasi dalam suatu media yang dapat digunakan untuk keperluan lain. Contohnya adalah menyimpan ke hard disk, flash disk, tape, dan lain-lain.

5. Retrival (Mencari Kembali) Menelusuri dan mendapatkan kembali informasi atau menyalin data dan informasi yang sudah tersimpan. Misalnya mencari data penjualan yang sudah disimpan sebelumnya.

6. Transmission (Mentransmisi) Mengirim data dan informasi dari suatu lokasi ke lokasi lain melalui jaringan komputer. Misalkan dengan mengirimkan data penjualan dari user A ke user yang lainnya.

Tujuan dari Teknologi Informasi

Tujuan utama dari TI ada tiga, diantaranya :

  • Untuk membantu manusia dalam memecahkan suatu masalah
  • Mendukung dan membuka kreativitas
  • Meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam menyelesaikan pekerjaan

Demikianlah sedikit informasi tentang pengertian teknologi informasi, tujuan, dan fungsinya. Semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda.

Terima kasih 🙂

Source : wikipedia, maxmanroe

You May Also Like

About the Author: Arief

Seorang perusak komputer dan pemain futsal amatir. Bermain WP hanyalah sampingan semata, janganlah terlalu serius mengamati Saya :D

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *