Tips Memilih Antivirus yang Ampuh Untuk Komputer

antivirus-komputer

Bicara soal antivirus, pada dasarnya semua antivirus itu tujuannya bagus. Yakni, untuk menghapus semua virus yang ada di perangkat kita. Namun seringkali kita sedikit kebingunan didalam menentukan antivirus terbaik. Berikut ini, tips memilih antivirus yang ampuh untuk perangkat komputer pribadi.

1. Memiliki proteksi menyeluruh

Di zaman sekarang sudah banyak jenis dan varian virus yang beredar, sehingga dibutuhkan antivirus yang mampu memberikan proteksi menyeluruh, bahkan membasmi berbagai varian virus seperti trojanwormspywareransomware, dan bila perlu memiliki pula kemampuan perlindungan terhadap serangan jaringan.

Ada juga virus yang menyerang bersifat sangat spesifik, contohnya ransomware yang marak beredar belakangan ini. Jika virus ini yang menyerang PC atau notebook yang kamu gunakan, mau tidak mau kamu harus mencari petunjuk khusus tentang cara membasminya.

2. Pembaruan secara berkala (up to date)

Mengapa pembaruan antivirus sangat diperlukan? Jawabannya sederhana, yaitu untuk menangkal varian virus baru. Karena setiap hari tanpa kita sadari virus baru muncul, masuk lewat beberapa media yang berpotensi untuk menghancurkan data kita. Maka, rajin-rajinlah untuk cek pembaruan antivirus secara berkala.

3. Proteksi real time

Antivirus yang baik tentunya harus memiliki proteksi real time. Artinya, bila ada akses terhadap file yang berpotensi mengancam keselamatan sistem, antivirus harus langsung “sadar” dan beraksi mempertahankan sistem, termasuk membasmi ancaman tersebut.

Umumnya, antivirus akan melakukan pemindaian menyeluruh saat pertama kali dipasang dan setelah itu akan mengaktifkan proteksi real time. Saat ada akses terhadap file baru yang sebelumnya belum termasuk ke dalam pemindaian menyeluruh, antivirus akan langsung bekerja. Akses file baru ini terjadi misalnya saat ada media eksternal yang ditancapkan atau saat berselancar ke situs tertentu.

4. Harga yang sesuai kantong

Seperti halnya aplikasi lain yang tersedia untuk komputer, ada antivirus yang gratis dan ada pula yang berbayar.

Kebanyakan antivirus yang tersedia untuk komputer, khususnya pada sistem operasi Windows, dapat diunduh dan digunakan tanpa harus membayar lisensi. Meskipun gratis, kualitas kebanyakan antivirus tersebut cukup mumpuni sehingga kamu tak perlu khawatir. Tetapi, bila kamu memiliki dana berlebih, tentu tidak salah bila kamu memilih antivirus yang berbayar.

Biasanya, antivirus berbayar memiliki kelebihan pada fitur keamanan tambahan seperti firewallback up data, dan kemampuan aktivasi virus pada sandbox. Bahkan, ada juga antivirus yang memiliki fitur tambahan unik, misalnya kemampuan membuat bootable USB atau penghancur data (menghapus data hingga tak dapat dipulihkan kembali).

5. Bersahabat dengan sistem operasi

Adalah baik bila memiliki antivirus dengan fitur yang lengkap. Namun, tentu saja kelengkapan tersebut jangan sampai menjadi bumerang dan membebani sistem. Tentu konyol bila komputer yang sedianya digunakan untuk bekerja malahan menjadi lelet gara-gara antivirus.

Untuk mengetahui apakah sebuah antivirus bersahabat atau tidak dengan sebuah sistem operasi, mau tidak mau harus dicoba terlebih dahulu. Jika setelah dicoba sekian waktu lamanya dan ternyata tidak ada gangguan terhadap sistem, bisa dibilang antivirus tersebut cocok dengan sistem yang kamu gunakan. Tapi, kalau ternyata muncul hal-hal yang dirasa mengganggu, jangan ragu untuk segera menggantinya dengan antivirus lain.

Setelah mengetahui tips memilih antivirus yang ampuh, apakah kamu mantap dalam memilih antivirus yang tepat untuk komputermu? Jawabannya ada pada diri Anda sendiri. Terima kasih 🙂

source : berbagai sumber

You May Also Like

About the Author: Arief

Seorang perusak komputer dan pemain futsal amatir. Bermain WP hanyalah sampingan semata, janganlah terlalu serius mengamati Saya :D

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *