Tips Memilih Mouse Gaming Terbaik Untuk Pemula

memilih mouse gaming untuk pemula

Teknologi informasi semakin canggih membuat para gamer menentukan gear yang dipakai terutama soal mouse. Mouse Gaming merupakan perangkat keras yang sangat penting ketika bermain game pada PC. Anda dapat memainkan beberapa game FPS seperti Counter-Strike, Call of Dutty dan PUBG dengan mudah dan nyaman menggunakan mouse gaming terbaik.

Di dalam perangkat keras yang bernama mouse terdapat beberapa istilah asing yang mungkin sulit dipahami oleh gamer pemula, seperti DPI, IPS, polling rates, dan sebagainya. Pada artikel ini akan dijelaskan cara memilih mouse gaming terbaik dan tepat.

Penggunaan mouse gaming saat bermain game PC tidak dapat dipisahkan. Berbeda dengan mouse biasa, gaming mouse memiliki tombol makro, bobot, dan sensitivitas khusus agar lebih optimal untuk bermain game.

Pada saat bermain game First Person Shooter atau biasa dikenal dengan FPS diperlukan kontrol mouse yang tepat. Dengan memakai mouse khusus game yang memiliki sensitivitas tinggi, Anda bisa bermain dengan lebih nyaman. Kemudian untuk game MMO (massively multiplayer online) yang memerlukan banyak action skill, memilih gaming mouse dengan berbagai tombol makro akan mempermudah permainan.

Secara umum mouse gaming dibedakan menjadi dua jenis, yaitu untuk FPS dan MMO. Berhubung setiap jenis mouse memiliki karakteristik berbeda, pilihlah berdasarkan tipe game yang Anda mainkan.

A. Game FPS : Perhatikan DPI, polling rate, dan IPS

Mouse Gaming FPS

Di dalam game tipe FPS, AIM gamer sangat penting sekali. AIM adalah sasaran untuk bisa membidik target dengan cepat dan akurat. Mari perhatikan karakteristik mouse yang tepat untuk game tipe ini.

1. Pemilihan DPI yang bisa diatur sesuai sensitivitas yang dibutuhkan

DPI (dots per inch) merupakan angka yang menunjukkan jumlah titik yang dicapai ketika mouse digerakkan sejauh satu inci. Maka semakin tinggi DPI-nya, semakin cepat pula pergerakan kursor. Jadi, Anda dapat menjalankan karakter lebih cepat dengan sedikit gerakan tangan saja.

Di sisi lain, penggunaan mouse dengan DPI rendah memungkinkan untuk membidik lebih tepat dan mudah. Jika Anda memainkan beberapa jenis game berbeda, pilihlah mouse yang dapat diubah DPI-nya. Dengan memakai mouse semacam ini, Anda dapat menikmati bermain game FPS maupun MMO dengan nyaman. Selain DPI, terdapat pula istilah CPI (counts per inch). Namun, secara garis besar istilah ini menunjukkan keterangan yang sama dengan DPI.

2. Menentukan polling rate

Polling rate merupakan jumlah informasi yang dikirim dari mouse pada PC per detik. Makin tinggi angkanya, makin cepat juga informasi yang ditangkap PC saat tombol ditekan. Tentunya dengan polling rate yang tinggi dapat meningkatkan keunggulan Anda saat bermain.

Secara umum, mouse dengan polling rate yang tinggi akan sangat berguna. Namun, mouse berkecepatan tinggi yang menerima terlalu banyak pergerakan tangan dapat membuat kursor bergerak dengan sendirinya. Seperti halnya DPI, mouse dengan fitur pengaturan polling rate pastinya akan lebih fungsional untuk berbagai permainan.

3. IPS yang tinggi dapat merespons gerakan tangan yang cepat

IPS (inches per second) atau tracking speed merupakan nilai angka yang menunjukkan seberapa cepat mouse merespons gerakan Anda. Jika IPS-nya tinggi, tentu menggerakkan kursor menjadi lebih lancar bahkan pada saat kecepatan tinggi. Sebaliknya, mouse dengan IPS rendah akan lambat merespons meski Anda gerakkan dengan cepat.

Pada game FPS yang membutuhkan refleks, angka IPS merupakan hal yang penting. Gaming mouse standar umumnya memiliki sekitar 50 IPS. Sedangkan pada gaming mouse berperforma tinggi, terdapat produk dengan nilai IPS lebih dari 400. Jika Anda membeli mouse dengan IPS tinggi, tentunya akan sangat menguntungkan dalam permainan.

B. Game MMO : Semakin banyak side button, makin praktis pemakaiannya

Mouse Gaming MMO

Kemudian di dalam game MMO (massively multiplayer online), biasanya seorang gamer menggunakan keyboard untuk mengoperasikan beberapa action. Mouse yang cocok untuk game MMO adalah produk yang memiliki side button atau tombol makro.

Jika mouse dilengkapi dengan side button yang banyak, Anda dapat dengan mudah mengaktifkan skill yang telah diinput. Tentunya jumlah shortcut yang diinput tergantung pada masing-masing game. Namun, jika terdapat banyak shortcut yang ingin Anda input, lebih baik gunakan mouse dengan dua belas side button.

Makin banyak tombol memang akan membuat Anda butuh waktu lebih banyak untuk beradaptasi. Namun, jika sudah terbiasa, bermain akan menjadi lebih mudah karena hanya menggunakan satu tangan. Perlu dicatat bahwa side button tidak hanya terletak pada sisi mouse saja. Jadi, jangan lupa pastikan mouse dengan posisi side button yang nyaman bagi Anda.

C. Pemilihan Mouse Gaming Lainnya

Setelah kita menentukan mouse yang tepat untuk tipe game yang Anda mainkan. Berikut ini tips lainnya memilih mouse gaming terbaik sesuai karakter pemain.

1. Pilih berdasarkan ada tidaknya kabel

Untuk gaming mouse, lebih merekomendasikan penggunaan wired mouse karena tidak terdapat jeda pengiriman informasi. Selain itu, banyak gamer yang suka menggunakan wired mouse karena tidak perlu memikirkan akan kehabisan baterai.

Meski demikian, akhir-akhir ini terdapat banyak wireless mouse yang hampir tidak memiliki jeda. Baik menggunakan baterai kering maupun baterai isi ulang, kualitasnya sudah makin ditingkatkan. Jika Anda merasa terganggu dengan adanya kabel, pilihlah wireless mouse dengan spesifikasi yang bisa menyamai wired mouse.

2. Pilihlah ukuran berdasarkan cara Anda memegang mouse

Menggunakan mouse akan jadi lebih mudah jika Anda memilih produk yang sesuai dengan cara grip Anda saat bermain. Jika tipe grip Anda adalah fingertip grip, yakni ujung jari berada pada mouse, pilihlah mouse yang kecil dan ringan. Namun, jika Anda tipe claw grip, yaitu telapak tangan dan ujung jari menyentuh mouse, pilihlah yang agak besar. Mouse yang sedikit lebih besar akan lebih stabil dan mudah digunakan pada posisi ini.

Untuk tipe palm grip atau seluruh telapak tangan menyentuh mouse, pilihlah yang besarnya sesuai dengan telapak tangan Anda. Jika memungkinkan, ceklah terlebih dahulu di toko sebelum menentukan pilihan.

3. Pilihlah bobot mouse berdasarkan jenis game

Bobot mouse juga merupakan salah satu poin penting untuk dapat bermain dengan nyaman. Berat mouse yang kurang dari 150 gr dapat bergerak lebih cepat dan tidak membuat tangan Anda cepat lelah. Dengan begitu, beban pada tangan dan pundak Anda juga akan berkurang.

Sebaliknya, mouse dengan bobot di atas 160 gram berguna untuk menentukan posisi menembak yang akurat jadi lebih mudah. Jika Anda ingin menyesuaikan bobot mouse berdasarkan game dan gaya bermain Anda, pilihlah produk yang beratnya dapat disesuaikan.

4. Pilih mouse dengan fitur on-board memory jika Anda sering berganti PC

On-board memory berfungsi agar mouse dapat menyimpan pengaturan atau makro yang sudah Anda simpan terlebih dahulu melalui PC. Jika Anda sering berganti antara PC, laptop, dan sebagainya, fitur ini tentu akan sangat membantu. Anda pun jadi tidak perlu repot untuk mengatur ulang tombol mouse.

5. Pilih mouse dari produsen yang populer

Jika Anda ingin menekankan mouse gaming terbaik pada desain dan performa yang stabil, pilihlah mouse dari produsen yang populer. Kami menyarankan Logitech sebagai produsen standar gaming mouse. Logitech telah banyak dipercaya oleh gamer newbie maupun profesional. Produsen ini menawarkan banyak pilihan produk, mulai dari harga yang terjangkau hingga yang high-end.

Namun, jika Anda suka dengan desain dan hiasan cahaya yang indah, pilihlah merek Razer sebagai gear Anda. Produk dari Razer juga populer di kalangan gamer karena mempunyai performa yang stabil. Sementara itu, jika Anda menginginkan mouse dengan model yang mewah, pilihlah produk dari SteelSeries. Gunakanlah penjelasan kami sebagai referensi dalam memilih gaming mouse sesuai preferensi Anda.

Demikianlah ulasan mengenai Tips Memilih Mouse Gaming Terbaik Sesuai Kebutuhan. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda. Terima kasih.

Source : my-best.id

You May Also Like

About the Author: Arief

Seorang perusak komputer dan pemain futsal amatir. Bermain WP hanyalah sampingan semata, janganlah terlalu serius mengamati Saya :D

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *