Tips Sederhana Merawat Hardware Komputer

tips merawat hardware komputer

Seperti yang telah di jelaskan pada artikel sebelumnya, perangkat keras (hardware) komputer merupakan bagian dari sistem komputer sebagai perangkat yang dapat dilihat secara fisik atau diraba, dan bertindak untuk menjalankan instruksi dari perangkat lunak (software). Perangkat keras juga memerlukan perawatan yang rutin agar tidak cepat rusak dan tentu saja kinerjanya tetap optimal. Untuk merawat hardware komputer ada beberapa tindakan yang harus kita lakukan, diantaranya :

1. Menempatkan komputer pada tempat atau ruangan yang tidak panas

Komputer sebaiknya ditempatkan pada ruangan yang memiliki aliran sirkulasi udara yang baik dan tidak berdebu atau ruangan ber-AC. Hal ini sangat diperlukan untuk menghindari terjadinya overheat (panas berlebih) pada perangkat keras komputer seperti processor, vga card, motherboard, power supply dan sebagainya.

Tetapi, jika komputer akan ditempatkan di ruangan yang panas atau berdebu, maka sebaiknya dibuat lemari khusus untuk tempat komputer yang dilengkapi dengan kipas  dan saringan udara.

2. Rutin membersihkan debu yang menempel pada casing CPU.

Untuk membersihkan debu yang menempel pada bagian dalam maupun luar casing sebaiknya dilakukan 1-2 bulan sekali, tergantung dari banyaknya debu yang menempel pada komponen hardware seperti power supply dan motherboard.

Pembersihan dapat dilakukan dengan menggunakan bantuan kuas dan vacuum cleaner atau lebih baik lagi menggunakan kompresor kecil sehingga pembersihan debu bisa maksimal.

3. Gunakan Stabilizer atau UPS 

Menggunakan Stabilizer dimaksudkan agar aliran listrik yang masuk ke Power Supply senantiasa terjaga kestabilannya. Prinsip kerja alat ini adalah adalah dengan menggunakan trafo step-up dan step down, sehingga apabila tegangan supply turun maka tegangan output akan dinaikkan dan sebaliknya, saat tegangan supply naik maka tegangan output akan diturunkan.

Lebih baik lagi kalau komputer Anda menggunakan UPS (Uninteruptable Power Supply) sehingga bisa menjaga komputer dari kehilangan power listrik secara tiba-tiba, karena dalam alat ini terdapat baterai sebagai tempat penyimpanan daya listrik.

4. Merawat LCD Monitor

Bagi Anda yang menggunakan monitor LCD, hindari menyentuh permukaan layar secara langsung untuk menghindari timbulnya kotor atau tergores.

Apabila terlanjur kotor maka bersihkanlah dengan menggunakan cairan khusus pembersih LCD dengan menggunakan kain lap yang halus dan hindari menekan permukaan LCD. Ada baiknya juga untuk menggunakan screen protector LCD untuk menjaga monitor dari terkena goresan.

Demikianlah sedikit Tips Sederhana  Merawat Hardware Komputer dengan baik, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda. Terima kasih

You May Also Like

About the Author: Arief

Seorang perusak komputer dan pemain futsal amatir. Bermain WP hanyalah sampingan semata, janganlah terlalu serius mengamati Saya :D

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *